LINGKUNGAN BISNIS : PEMANFAATAN INTERNET UNTUK IKLAN
KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
”PEMANFAATAN INTERNET UNTUK IKLAN”
Oleh :
Nama : Farras Ammar Isnandy
NIM : 16.02.9370
Jurusan : D3-Manajemen Informatika 03
TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstrak
Karya ilmiah ini
membahas tentang pemanfaatan iklan pada internet. Sejak munculnya internet,
iklan di World Wide Web telah sangat populer. Banyak perusahaan, perusahaan dan
bisnis telah mengambil keuntungan dari informasi ini dan Anda dapat melihat
iklan pada setiap halaman Web yang Anda kunjungi. Karena pada saat ini internet
merupakan hal yang sudah tak lazim lagi. Sehingga pada saat ini internet banyak
digunakan oleh para produsen untuk mengiklankan produknya pada internet.karena
dengan mengiklankan produknya pada internet dianggap hal yang paling efisien
dan tepat.
ISI
I. Pendahuluan
Iklan adalah
segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa oleh
sponsor terterntu yang harus dibayar, iklan merupakan cara yang berbiaya
efektif guna menyebarkan pesan baik untuk membangun preferensi maupun untuk
pendidikan.Iklan dijaringan internet saat ini sebenarnya lebih banyak
dimanfaatkan oleh mereka yang terjun ke bisnis terkait seperti
Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet di Amerika mencapai 1%
dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih tergolong kecil.
Jenis iklan yang
dapa ditayangkan di jaringan internet makin beragam. Diperkirakan jumlah
anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari 1% dari total belanja iklan
di media Indonesia. Beberapa hal yang menjadi penyebab adalah adanya keraguan
terhadap efektivitas iklan melalui media internet, belum banyaknya
pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam bisnis selain komunikasi dan
belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet sebagai media alternative
beriklan. Saat ini internet masih dianggap komplemen dan belum bisa dianggap
pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita kenal.
Karena mudah untuk
mencapai segala jenis penonton tentang segala macam bisnis, kemungkinan
penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan Internet diklasifikasikan menjadi
dua jenis iklan, iklan online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online
direktori iklan online, iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop.
iklan ilegal lebih umum dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan
mengubah beberapa pengaturan sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah
pop-up yang dikirim ke jaringan tertentu atau komputer. Aplikasi eksternal
dikenal sebagai adware atau spyware. Beberapa benar-benar berbahaya, yang
paling terkenal adalah Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus
dari sistem.
II. Biaya Beriklan
Sebagaimana
iklan-iklan lain,iklan internet perlu menetapkan batas-batasnya. Bila tidak
maka anda bias menghabiskan biaya lebih dari yang anda butuhkan. Penting
dicatat bahwa perusahaan tahu apa tujuan periklanan yang diinginkannya.
Penalarannya jelas. Tidak adanya tujuan evaluasi tujuan mengenai web bisa
mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan informasi secara besar-besaran.
Begitu ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itu
akan betul-betul menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan. Perhatian
manajemen harus beralih ke web. Mereka perlu memahami apa itu web dan bagaimana
fungsinya, serta harus menyadari akan pentingnya memiliki komitmen jangka
pendek mengenai penayangan informasi.
Mentransplantasikan
tujuan periklanan televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya tidak akan
memadai. Iklan web diperuntukan bagi dinamika yang berbeda. Televisi, radio,
Koran dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam
kesadaran seseorang iklan web bisa mempengaruhi orang secara berbeda karena
sifat interaktifnya .Perusahaan perlu menilai apakah mereka memiliki komitmen
tenaga kerja,waktu dan sumber-sumber keuangan yang diperukan untuk tetap ada di
web begitu merek memutuskan mengadopsi web.
III. Kelebihan dan
Kekurangan Penggunaan iklan di Internet
Berikut
disampaikan aspek-aspek yang menyebabkan penggunaan internet lebih favorable
dan yang unfavorable. Kelebihan penggunaan internet :
1. Pemangkasan
biaya perantara pasar karena pembeli dapat langsung dengan pihak produsen dalam
pembelian barang.
2. Peningkatan
efektivitas iklan karena hanya calon pembeli yang benar-benar berminat saja
yang akan membolak-balik halaman iklan di internet.
3. Biaya
pemasangan yang masih relative murah dibandingkan dengan pemasangan iklan di
media televisi.Tetapi belum adanya undang-undang teknologi yang dapat membatasi
pertukaran data internet demi menjaga hak cipta.
Kelemahan
penggunaan iklan melalui internet:
1. Konsumenmasih
ragu dalam pemesanan barang melalui internet karena factor kekhawatiran dan
keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh karena itu
perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit.
2. Untuk beberapa
jenis produk,konsumen merasakan adanya kekhawatiran apaka barang yang terlihat
dilayar monitor betul-betul persis seperti yang diinginkan,karena pembeli tidak
memiliki kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenis dan kualitas
barang yang aka dipesan.
3.Kesulitan
aksese-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua orang
memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.
4.Bandwidth yang
terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan informasi
diantara para pelaku bisnis.
IV. Jenis-Jenis
Media Iklan di Internet
>Banner
Iklan banner
merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan di internet.Begitu anda
melakukan penjelajahan di wahana informasi Super highway tersebut,maka
banner akan ditampilkan berkisar dari 7 hingga 10kb. Semakin kecil ukuran file
semakin ia melakukan loading. Para pengiklan menghabiskan waktu yang tidak
sedikit untuk merancang banner yang mampu menarik perhatian konsumen.Ada dua
jenis banner : Keyword banner dan Random banner.
Keyword Banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search
engine.Ini akan efektif bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan audien yang
menjadi sasarannya. Random Banner,muncul secara acak.
>Banner Swaping
Banner swaping
dilakukan bila perusahaan A setuju untuk menampilkan sebuah banner perusahaan B
dengan imbalan perusahaan B juga mau menampilkan iklan perusahaan A.
>Banner
Exchanges [Tukar Banner]
Seringkali banner
swaping tidak berfungsi karena satu kesesuaian tidak mungkin dicapai Banner
Exchanges biasanya dilakukan dalam perdagangan yang dilakukan oleh tiga partner
atau lebih.Cara kerjanya sama dengan pertukaran dalam barter biasa.
>Iklan Persegi
Panjang
Iklan persegi
panjang besar berbetuk seperti banner,tetapi besar.Iklan segi empat ini bersama
dengan iklan Skycraper dapat meningkatkan matrik merek kunci sebesar 40%
dibandingkan dengan ukuran baseline (banner). Iklan persegi panjang besar
menjadi lebih efektif kalau dipadukan dengan tipe iklan Skycraper.
>Iklan
Skyscraper
Iklan Skycraper
berbentuk seperti banner. Jika banner memanjang secara horizontal, maka
skyscraper memanjang secara vertical.
>Iklan
Sponsorship
Bentuk iklan
internet yng baru tumbuh popularitasnya adalah sponsorship pada halaman
web.Iklan sponsorship ini menurut survai internet survai Advertising Bureau
menempati nomor dua setelah banner,dengan pangsa pasar 25%.Perusahaan sponsor
memasuki bagian publisher dari halaman web atau peristiwa tunggal untuk periode
waktu yang terbatas,biasanya dihitung dalam bulan.
>Interstitial
Interstitial
merupakan iklan yang dinamis pada internet.Interstitial berbentuk
bermacam-macam iklan animasi yang muncul dilayar ketika computer mendiownload
situs web. Tipe interstitial ini meliputi pop-up window,splash screen,
intermecial. Hyperstetial, superstetial dan sebagainya. Meskipun iklan
interstitial baru mencapai pangsa pasar 2% tapi perusahaan Berkeley system
menyatakan bahwa iklan ini mampu meningkatkan kesadaran mereka dua kali lipat
dibandingkan iklan banner.Demikian
juga studi dari
Double-Click,yang menyatakan bahwa iklan interstitial lebih efektif 194% dalam
mendorong suatu merek Dan masih banyak lagi jenis media iklan yang dapat
digunakan diinternet.
Daftar Pustaka :
M.Suyanto.(2003);
“Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”. Yogyakarta
Penerbit: ANDI Yogyakarta.
Firmanasari,Zakiah
(2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”.From Http://perangkap.blogspot.com/2007/08/efektivitas-penggunaan-iklan-pada-media.html
Nathan Jimbro Alie
(2010); “Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Iklan Bisnis”.From http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-
Related Posts
Comments
Post a Comment